Selasa, 23 Desember 2014

Konfigurasi Port Security Static di Cisco Packet Tracer


Port Security secara  default telah dinonaktifkan dan juga berfungsi untuk membatasi jumlah MAC Address yang valid pada port tertentu, Menentukan grup MAC Address yang valid diizinkan menggunakan port atau mengizinkan hanya satu MAC Address yang diizinkan menggunakan port,dan menentukan bahwa port akan mati secara otomatis jika terdeteksi MAC Address tidak valid dan juga lebih tinggi keamanannya .

Berikut Konfigurasi Port Security Static

1. Sebelum membuat Port Securty nya, buat dahulu topologinya. Contohnya seperti dibawah ini.



2. Beri IP pada setiap PC. Pilih Dekstop > IP Configuration. Lalu isikan IP dan Netmask nya pada setiap PC.



3. Lalu, aktifkan dahulu Routernya dengan perintah Router> en.  Jika Router sudah aktif, lalu masuk ke konfigurasi terminal dengan perintah Router# conf t. Lalu masuk ke interfaces dengan perintah Router(config)# int fa0/0.



4. Beri IP dan netmask untuk router dengan perintah Router(config –if)# Ip address(IP) (Netmask).



5. Jangan lupa ketikkan perintah Router# no sh untuk mengaktifkan router.



6. Jika router berhasil diaktifkan, pada link akan berubah warna menjadi hijau.




7. Lakukan perintah ping dari salah satu PC ke semua PC termasuk router untuk menciptakan Tabel Mac Address pada Switch.



8. Pada switch, untuk melihat tabel mac address ketikkan perintah Switch# Show mac-address-table. Jangan lupa sebelumnya, aktifkan dahulu Switchnya Switch> en.




9. Jika sudah, ikuti seperti sintaks dibawah ini untuk membuat Tabel Port Security pada setiap masing-masing PC.




10. Jangan lupa, lakukan seperti ini pada setiap interfaces.




11. Jika semua sintaksnya benar, maka akan tercipta Tabel port security nya. Ketikkan perintah Switch# port-security-address.



12. Selesai ^^,, Disaat kita mencoba melakukan pindahan pada setiap port yang ada, PC tidak akan bisa diping. Namun, dalam topologinya, link yang ada tetap akan berwarna hijau.